Tugas Konsep Sistem Informasi

1. Apakah benar sisitem informasi itu tidak harus selalu menggunakan komputer? Jelaskan!
Jawab:
Tidak, karena definisi sistem informasi adalah penggunaan segala macam teknologi informasi yang membantu manusia dalam menjalankan sebuah operasi dan melakukan manajemen.

2. Apa yang disebut dengan sistem informasi itu dan berikan berupa contohnya?
Jawab:
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Contoh:
a. Sistem Informasi Manajemen
b. Sistem Pendukung Keputusan
c. Sistem Informasi Eksekutif
d. Sistem Pemrosesan Transaksi

3. Jelaskan bahwa Sistem Informasi itu berbeda dengan Sistem Informasi Manajemen!
Jawab:
Sistem Informasi merupakan kerangka kerja yang melakukan sesuatu yang diproses berupa input data yang outputnya menjadi sebuah informasi guna mencapai sasaran sasaran perusahaan dengan bantuan sejumlah komponen berupa manusia,komputer,tekhnologi informasi dan prosdur kerja. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan salah satu jenis informasi yang secara khusus ditujukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak-pihak manajemen dalam pengambilan keputusannya.

4. Mengapa system informasi itu penting bagi perusahaan?
Jawab:
1. Mendukung Operasi Bisnis
Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan Sistem Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting.
2. Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial
Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
3. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan bersaing di pasar.

5. Bagaimana membedakan data dan informasi?
Jawab:
- Data: kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang nyata.
Informasi merupakan ekstraksi dari data. Informasi nantinya bisa diolah menjadi pengetahuan.
- Informasi: data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

6. Jelaskan yang dimaksud dengan siklus informasi!
Jawab:
Data yang masih merupakan bahan mentah apabila tidak diolah data tersebut tidak akan berguna. Data tersebut akan diolah melalui suatu model dan akan menghasilkan informasi yang berguna, penerima kemudian menerima informasi tersebut, untuk membuat suatu keputusan dan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan lain yang akan membuat sejumlah data kembali.

7. Benarkah bahwa kebutuhan orang terhadap informasi itu berbeda-beda? Jelaskan!
Jawab:
Ya, karena kebutuhan orang terhadap informasi itu berbeda-beda. Informasi tentunya dibutuhkan karena tujuan tertentu dan sesuai kebutuhan.

8. Apa yang dimaksud dengan nilai informasi? Berikan contohnya!
Jawab:
Nilai perubahan dalam perilaku keputusan yang disebabkan oleh informasi dikurangi biaya informasi tersebu
Contoh: Penjualan adalah transaksi perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang.

9. Apa yang dimaksud dengan sistem?
Jawab:
Suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

10. Sebutkan elemen-elemen sistem!
Jawab:
- Objek, yang dapat berupa bagian, elemen atau pun variabel. Ia dapat berbentuk benda fisik, abstrak atau pun keduanya sekaligus tergantung kepada sifat sistem tersebut.
- Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
- Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
- Lingkungan, tempat di mana sistem berada.

11. Apa yang dimaksud umpan balik itu?
Jawab:
a. Hasil atau akibat yg berbalik mengenai (berguna bagi) kita sbg rangsangan (dorongan dsb) untuk bertindak lebih lanjut.
b. Bahan yang diperoleh kembali dari penerapan sesuatu untuk unsur perbaikan dalam tindak lanjut.
c. Tanggapan langsung dari pengamatan sebagi hasil kelakuan individu terhadap individu lain.

12. Jelaskan makna subsistem dan supersistem, berikan contohnya!
Jawab:
a. Subsistem merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem, subsistem ini bisa phisik atau pun abstrak.
b. Sistem terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan/sistem-sistem yang berada dalam sebuah sistem.

13. Apa yang dimaksud dengan sistem terbuka, sistem tertutup dan sistem relatif tertutup?
Jawab:
a. Sistem Terbuka adalah sistem yang memungkinkan terjadinya pertukaran materi dan energi antara sistem dengan lingkungan.
b. Sistem Tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya.
c. Sistem Relatif Tertutup adalah sistem yang relatif tersosialisasi dari lingkungannya tetapi tidak sama sekali tertutup dalam arti fisik, hanya menerima masukan yang telah ditentukan sebelumnya, dengan mengelola dan memberi keluaran, yang juga telah ditentukan sebelumnya serta memiliki masukan dan keluaran yang terkendali.

14. Mengapa sistem informasi termasuk system probalistik?
Jawab:
Karena sistem infromasi adalah sistem yang dapat diuraikan dalam perilaku yang mungkin, tetapi selalu ada sedikit kesalahan ramalan terhadap jalannya sistem.

15. Sebutkan komponen-komponen system informasi dan berikan penjelasan secara singkat?
Jawab:
1. Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.
2. Komponen model
Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output
Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
4. Komponen teknologi
Teknologi merupakan "tool box" dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5. Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi. Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
6. Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7. Komponen basis data
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
8. Komponen kontrol
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, temperatur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidakefisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur
terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

16. Apa yang dimaksud dengan arsitektur informasi? Apa tujuannya?
Jawab:
Suatu pemetaan atau rencana kebutuhan-kebutuhan informasi di dalam suatu organisasi.
Tujuan agar bagian teknologi informasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan bisnis strategis organisasi.

17. Arsitek tegnologi dalam arsitektur informasi dibedakan menjadi 3 macam sebutkan dan jelaskan masing-masing secara singkat!
Jawab:
1. Arsitektur Tersentralisasi (terpusat) adalah mainframe sebagai aktor utama yang melakukan semua pemrosesan data.
2. Arsitektur Tersebar (Decentralized) adalah Sistem pemrosesan data terdistribusi atau biasa disebut dengan komputasi tersebar merupakan suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komputer yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihubungkan dengan sarana telekomunikasi.
3. Arsitektur Client/Server adalah Client sembarang sistem atau proses yang melakukan sesuatu permintaan data atau layanan ke server. Server adalah proses atau sistem yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client.

18. Apa yang disebut client dan apa yang disebut server dalam lingkungan client/server?
Jawab:
Client adalah sembarang sistem atau proses yang melakukan sesuatu permintaan data atau layanan ke server. Sever adalah proses atau sistem yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client.

19. Jelaskan masing-masing berikut:
a. Analisis sistem
b. Analisis pemogram
c. Administrator basis data
d. Pemogram
Jawab:
a. Suatu proses mengumpulkan dan menginterpretasikan kenyataan-kenyataan yang ada, mendiagnosa persoalan dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem.
b. Orang yang hanya bisa menganalisa suatu program misalnya cara kerja ataupun mempelajari file anak (compailer) dari suatu program sehingga tidak dapat mengubah atau menambahkan fungsi tertentu kedalam program yang di analisa.
c. Orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database
d. Kumpulan instruksi/perintah yang dirangkaian sehingga membentuk suatu proses.

20. Apa yang dimaksud dengan komputasi pemakai akhir? Apa kelebihannya dan jelaskan mengapa begitu? Apa ada kekurangan? jika ada, jelaskan!
Jawab:
Komputasi pemakai akhir adalah suatu lingkungan yang memungkinkan pemakai secara langsung dapat menyelesaikan sendiri persoalan terhadap kebutuhan informasi.
Kelebihannya: dukungan perangkat lunak yang lebih baik dan kian mudah digunakan oleh pemakai akhir,perangkat keras yang murah dan mudah dihubungkan ke server basis data, memperkecil jumlah antrian jasa informasi di departemen pelayanan informasi.

21. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi antar organisasi? Berikan contohnya!
Jawab:
Kombinasi semua perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; mereka semua bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan.
Contoh: Subsistem persediaan (bahanbaku) dan Subsistem produksi

22. Sebutkan unsur-unsur system informasi fungsional dan berikan penjelasan singkat masing-masing unsurnya.
Jawab:
1. Menerima data sebagai masukan (input)
2. Memproses data dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran perkiraan dan lain-lain.
3. Memperoleh informasi sebagai keluaran (output). Prinsip ini berlaku baik untuk sistem informasi manual, elektromekanis maupun komputer.

23. Apa perbedaan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi keuangan?
Jawab:
- Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkoordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan
- Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.

24. Jelaskan pengertian sistem-sistem berikut:
a. CAD
b. CAM
Jawab:
a. Sebuah sistem desain/rancang bangun menggunakan perangkat komputer dan software desain tertentu, yang memungkinkan para engineer merencanakan, memodelkan, dan mengevaluasi suatu model produk/barang dengan akurat sebelum diproduksi (manufacturing).
b. Sebuah sistem yang secara otomatis mampu menghasilkan produk/ benda kerja (finish product) melalui penggunaan perangkat permesinan yang dikendalikan oleh komputer.

25. Jelaskan fokus utama sistem-sistem informasi berikut:
a. TPS
b. MIS
c. DSS
d. EIS
Jawab:
a. TPS: Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.
b. MIS: Suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber, termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS.
c. DSS: Merupakan progresi alamiah dari sistem pelaporan informasi dan system pemrosesan transaksi.
d. EIS: Sistem computer-based yang membantu executive dalam mengakses data dan informasi untuk mengetahui suatu permasalahan, meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategic planning.

26. Jelaskan pemerosesan batch dan online serta berikan contohnya!
Jawab:
a. Suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut.
Contoh: E-mail dan Transaksi Batch Processing.
b. Sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk.
Contoh: Transaksi Online

27. Apa yang dimaksud dengan CIS ?
Jawab:
Suatu sistem informasi yang berbasis komputer, dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan)

28. Apa yang dimaksud dengan GSS ? Jelaskan secara singkat!
Jawab:
Satu lingkungan berbasis teknologi informasi yang mendukung pertemuan grup, yang didistribusikan secara geografis dan tak permanen.

29. Apa yang dimaksud dengan sistem pakar (expert system)?
Jawab:
Suatu program komputer yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang ahli (pakar).

30. Apa yang dimaksud dengan:
a. Sistem informasi pengetahuan ?
b. Sistem informasi operasional ?
c. Sistem informasi manajerial ?
d. Sistem informasi strategis ?
Jawab:
a. Sistem informasi pengetahuan adalah Kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman
b. Sistem informasi operasional adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
c. Sistem informasi manajerial adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi
d. Sistem informasi strategis adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk kegiatan manajerial tingkat atas (top manajemen) dan umumnya mempunyai daya jangkau untuk waktu 5 sampai 15 tahun bahkan mungkin 75 tahun.

31. Apa yang dimaksud dengan GIS?
Jawab:
Suatu sistem informasi yang berbasis komputer, dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan).
Lihat Komentar